Berbagai Jenis Rendang Khas Indonesia – Bagian 2

Sebagai salah satu makanan terenak di dunia, rendang ternyata memiliki banyak jenis. Bukan hanya rendang sapi yang telah diakui kenikmatannya secara internasional, berbagai jenis rendang di bawah ini juga tidak kalah enaknya. Lauk asal Sumatera Barat ini seringkali jadi menu utama catering wedding jakarta. Berikut jenis rendang khas Indonesia;

Rendang daging kambing

Rendang domba terbuat dari daging kambing. Meski mulai langka, dangdang jenis ini masih bisa ditemukan di Kabupaten Forrest di kawasan Lubbazon East Forrest.

Rendang hati sapi dan paru-paru

Jenis rendang ini sangat mirip dengan rendang daging sapi. Cara produksinya hampir sama. Bedanya, bahan yang digunakan untuk membuat rendang ini adalah hati dan paru sapi.

Rendang telur

Rendang ini berbahan dasar telur. Rendang telur berbentuk pipih seperti biskuit. Jenis rendang ini merupakan makanan yang populer di daerah Payakumbuh. Karena popularitasnya, rendang ini dijadikan oleh-oleh khas Payakumbuh.

Rendang Kalio

Kalio atau dangdang basah dimasak hingga matang namun bumbu belum meresap sepenuhnya. Kuah untuk pembuatan rendang ini hanya dikurangi setengahnya, sehingga dapat menghasilkan rendang yang lengkap dan segar, yang berbeda dengan rendang lainnya.

Kalio Jengkol

Rendang selanjutnya adalah kalio jengkol. Jenis rendang ini terbuat dari bahan jengkol, rasanya gurih dan agak pedas. Di beberapa daerah di Sumatera, Kalio Jengkol disebut juga dengan Kalio Jariang.

Baca juga : Berbagai Jenis Rendang Khas Indonesia – Bagian 1

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *