Berbagai Jenis Rendang Khas Indonesia – Bagian 1

Rendang adalah salah satu makanan lezat dari Indonesia, kelezatannya sudah tersebar di seluruh dunia. Rendang, selain sering digunakan dalam catering wedding jakarta juga dinobatkan sebagai salah satu makanan terlezat di dunia oleh CNN pada tahun 2018. Kalau bicara rendang, kita pasti mengira rendang adalah makanan yang terbuat dari daging.

Tapi tolong jangan salah sangka, dalam catatan Badan Perlindungan Kebudayaan Padang (BPKP), setidaknya ada 11 jenis Rendang di Sumatera Barat. Mengutip catatan Warisan Budaya Takbenda (WBTB) yang akan dilaporkan ke BPKP pada tahun 2014,

Rendang Sapi

Rendang daging sapi adalah rendang yang paling umum. Rasanya enak, manis dan menggugah selera. Langtang jenis ini tidak hanya bisa ditemukan di Sumatera, tetapi juga di kota-kota lain di Indonesia bahkan dunia.

Rendang Rokan

Rendang selanjutnya adalah rendang rokan. Ini rendang yang terbuat dari lokan atau sejenis kerang. Padu padan ini bisa ditemukan di wilayah Pesisir Selatan seperti Padang Pariaman, Pasaman Barat dan Nagari Sasak.

Rendang Maco

Rendang maco adalah rendang yang terbuat dari maco atau ikan asin. Dibandingkan dengan daging, bahan ini dinilai lebih murah. Beberapa daerah, khususnya Kabupaten Pesisir Selatan masih mengolah rendang marco.

Rendang Ayam

Ayam juga merupakan bahan rendang dan banyak digunakan sebagai pengganti daging. Ayam dianggap lebih murah, tapi membawa rasa dan aroma yang enak pada masakan rendang. Menurut data BPNB Padang, rendang ayam dikembangkan di Nagari Surantih, Kecamatan Sutera, Kabupaten Pesisir Selatan.

Rendang Bebek

Rendang selanjutnya adalah Ya Rendang. Ini adalah masakan yang dikembangkan di dalam dan sekitar area Payakumbuh. Untuk mendapatkan rendang bebek yang super nikmat, daging bebek tersebut direbus, dikukus atau dibakar sebelum dimasak.

Baca juga : Pentingnya Kalkulasi Makanan Saat Pernikahan

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *