Tahapan Mendaftarkan Trademark di Indonesia dan Apa Saja yang Perlu Disiapkan

Ada 3 langkah utama untuk mendaftarkan trademark Anda di Indonesia.
1. Carilah bimbingan profesional

Hukum Indonesia mewajibkan investor asing untuk mempekerjakan Konsultan Hak Kekayaan Intelektual untuk mendaftarkan trademark Indonesia. Oleh karena itu, pemohon trademark harus menandatangani Surat Kuasa (POA) dan Deklarasi Kepemilikan yang memungkinkan konsultan yang bertanggung jawab untuk bertindak atas nama mereka.

Perwakilan Anda tidak hanya akan membantu Anda mengirimkan formulir permohonan trademark Anda; mereka juga dapat membantu melakukan pencarian merek dagang di Indonesia.

2. Melakukan pencarian trademark di Indonesia

Sebelum mendaftarkan trademark di Indonesia, pemohon harus memastikan bahwa merek yang diajukan telah memenuhi Undang-Undang Merek Dagang Indonesia. Artinya, pemohon harus melakukan penelusuran merek dagang secara menyeluruh di Indonesia karena dua alasan utama:

    Untuk menghindari konflik moral yang mungkin mempengaruhi trademark yang diusulkan.
    Untuk memastikan bahwa tidak ada badan hukum lain yang telah mendaftarkan trademark serupa. Dalam hal ini, metode file pertama berlaku di Indonesia.

Database Merek Dagang WIPO Indonesia tersedia bagi pemohon dan / atau perwakilan hukumnya untuk melakukan pencarian trademark di Indonesia.

3. Pendaftaran trademark

Langkah terakhir adalah mendaftarkan merek tersebut di Direktorat Jenderal Kekayaan Intelektual. Perwakilan hukum Anda akan membantu Anda dengan langkah ini.

FAQs: 
mendaftarkan merek dagang di Indonesia Berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk mendaftarkan merek di Indonesia? 
Rata-rata, dibutuhkan waktu 12-24 bulan untuk mendaftarkan trademark di Indonesia. 

Biaya apa yang harus saya keluarkan untuk mendaftarkan merek dagang di Indonesia? 

Biaya pendaftaran merek dagang bergantung pada berbagai faktor, seperti ukuran perusahaan. Namun, biaya akurat untuk proses aplikasi hanya tersedia di situs nasional Kekayaan Intelektual di Indonesia. Biaya yang terkait dengan perwakilan hukum Anda akan bervariasi tergantung pada perusahaan atau individu yang bermitra dengan Anda. 

Kapan saya harus memperbarui merek dagang saya? 

Setelah merek dagang terdaftar, itu berlaku selama 10 tahun. Jika pemilik merek ingin mempertahankan mereknya selama lebih dari 10 tahun, disarankan untuk memperbarui pendaftaran merek setidaknya 6 bulan sebelum merek kehilangan validitasnya. 

Apakah mungkin untuk membatalkan merek dagang jika tidak digunakan?

 Ya, tersedia pembatalan jika tidak ada penggunaan merek dagang.

 Jenis merek dagang apa yang dapat saya daftarkan di Indonesia?

 Di Indonesia, jenis merek dagang berikut dapat didaftarkan: nama, kata, perangkat, slogan, warna, hologram, pakaian dagang, beberapa merek non-tradisional, merek kolektif, dan merek layanan. 

Jenis merek dagang apa yang TIDAK dapat didaftarkan di Indonesia? 

Jenis merek dagang berikut tidak dapat didaftarkan di Indonesia: istilah umum tanda yang bertentangan dengan standar mental atau ketertiban umum tanda tanpa kekhasan yang diperoleh simbol, nama, atau bendera negara, negara bagian, kawasan, atau organisasi internasional.

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *