5 Tips Makan di Restoran Saat New Normal

Memasuki era normal baru alias new normal, restoran dan kafe mulai mengizinkan pengunjungnya untuk makan di tempat. Meski begitu, Anda harus sadari bahwa makan di restoran sangat mungkin akan meningkatkan risiko Anda terpapar berbagai penyakit.

Hal ini, karena saat makan, Anda pasti akan melepas masker. Dan didukung dengan kapasitas ruang yang terbatas, membuat Anda sulit menjaga jarak aman di restoran.

Jadi, apa yang harus diperhatikan saat memutuskan makan di restoran? Dilansir dari CNN, ini dia beberapa hal yang perlu Anda lakukan untuk mengurangi risiko terpapar virus saat makan di restoran.

1. Menjaga jarak dengan pengunjung restoran lainnya

Seberapa jauh jarak ideal antara meja dan kursi di restoran? Sesungguhnya, organisasi kesehatan telah menyarankan pemberian jarak setidaknya 2 meter antara meja kursi yang satu dengan lainnya. Saran ini didasarkan pada data sebelumnya tentang seberapa jauh droplet dapat menyebarkan virus lewat pernapasan.

Tapi, mungkin saja tidak semua restoran akan mengatur ulang jarak antar meja dan kursinya, sehingga Andalah yang harus mengatur jarak dengan pengunjung lain di restoran. Jika restoran tampak penuh dan tidak memungkinkan bagi Anda untuk menjaga jarak aman, lebih baik tunda niat untuk makan di restoran.

2. Pastikan pelayan mengenakan masker

Sebagai garda terdepan yang paling banyak berinteraksi dengan pengunjung, pelayan harus melindungi dirinya dengan baik agar tak mentransmisikan virus kepada pengunjung. Pastikan pelayan mengenakan masker, menerapkan pembatasan jarak sosial dengan pengunjung, dan selalu menjaga kebersihan tangannya.

3. Boleh berjaga-jaga membawa peralatan makan sendiri

Perlukah meminta peralatan makan sekali pakai? Jika Anda yakin bahwa restoran mencuci piring, gelas, dan peralatan makannya dengan baik, rasanya Anda tak perlu meminta peralatan makan sekali pakai.

Namun jika Anda masih tak yakin dengan sanitasi restoran, boleh saja berjaga-jaga dengan membawa peralatan makan seperti sendok, garpu, atau sumpit sendiri.

4. Jika memungkinkan, pilih tempat duduk di luar

Secara keseluruhan, makan di luar ruangan lebih aman daripada makan di dalam ruangan, mengingat aliran udara di luar ruangan lebih bebas dan tidak terbatas seperti di dalam ruangan. Tapi, tetap lakukan langkah perlindungan diri dengan menjaga jarak sosial, ya.

5. Cuci tangan sebelum dan sesudah makan

Walau hingga saat ini belum dapat dibuktikan bahwa virus corona dapat menular melalui makanan, tak ada salahnya Anda tetap menjaga kebersihan makanan yang masuk ke dalam tubuh. Salah satunya dengan mencuci tangan sebelum dan sesudah makan.

Alternatifnya, Anda dapat memesan makanan di catering jakarta

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *