Awal Mula Souvenir Pernikahan di Indonesia

Souvenir pernikahan unik merupakan sebuah hadiah ucapan terima kasih dari kedua mempelai kepada para tamu yang datang pada upacara atau resepsi pernikahan, seperti yang dilansir oleh wikipedia.org. Tradisi memberikan souvenir pernikahan adalah tradisi yang sudah sangat tua.

Souvenir Pernikahan awalnya diperkenalkan dan dipopulerkan oleh bangsa Aristokrat Eropa. Souvenir pernikahan yang paling lazim diantara para bangsawan Eropa pada mulanya adalah bonbonnieres. Ini merupakan kotak perhiasan kecil yang terbuat dari kristal, porselen, atau batu mulia lainnya. Bonbonnieres biasanya diisi dengan gula batu atau permen halus yang melambangkan kekayaan atau kemakmuran.

Pada waktu itu, gula merupakan komoditas mahal yang hanya dimiliki oleh orang-orang kaya. Gula dipercaya mengandung zat yang bermanfaat bagi kesehatan. Setelah beberapa abad kemudian harga gula turun, tradisi memberikan souvenir pada saat menikah juga diikuti oleh masyarakat menengah.

Setelah harga gula terjangkau, bonbonnieres kemudian digantikan dengan almond. Selama berabad-abad almond disajikan untuk tamu pada saat acara pernikahan.Hal ini karena bangsa Eropa menganggap Almond merupakan simbol pengharapan baik untuk kehidupan baru sang pengantin.

Pada abad ke-13, confetti, adalah almond yang berlapis gula diperkenalkan. Confetti kemudian ditransformasikan ke almond manis. Dahulu, almond disajikan di dalam sebuah kotak yang dibungkus kain elegan yang menandakan kesuburan, umur panjang, kekayaan, kesehatan, dan kebahagiaan. Rasa buah Almond yang pahit dan rasa gula yang manis, dipercaya bangsa Eropa sebagai sebuah makna yang menyatakan pahit manisnya kehidupan setelah berumah tangga.

Saat ini, pada era Modern dan Global seperti sekarang, Souvenir Pernikahan telah mengalami banyak sekali transformasi. Kalau dulu Souvenir Pernikahan yang diberikan berupa benda yang dapat kita makan. Tapi sekarang, Souvenir Pernikahan lebih mengarah pada sebuah benda mati.

Karena hal ini bertujuan agar para tamu undangan yang hadir pada perhelatan hari spesial sang pengantin, dapat senantiasa mengenang hari-hari spesial mereka yang sangat berkesan. Agen Souvenir Pernikahan pun semakin menjamur. Souvenir yang diberikan pada para tamu undangan yang hadir, kini lebih berupa Souvenir Pernikahan seperti ; Souvenir Gelas/Cangkir, Souvenir Dompet, Souvenir Kipas,Gantungan Kunci, Tempat Perhiasan, dan masih banyak lagi.

Meski berbeda generasi,berbeda pemberian, dan berbeda pula zamannya, namun makna yang terkandung dalam sebuah pemberian tersebut tetaplah sama, yaitu pengharapan akan sebuah doa agar sang pengantin dalam hidupnya bahagia dunia dan akhirat.

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *