Manfaat Madu Hitam Untuk Kecantikan

Meskipun rasanya pahit, namun madu hitam memiliki banyak manfaat untuk kesehatan tubuh. Selain itu, madu hitam (pahit) bermanfaat bagi kecantikan, di antaranya adalah sebagai berikut:

1. Menghilangkan flek hitam pada kulit wajah

Madu Pahit bisa digunakan sebagai masker wajah untuk menghilangkan flek hitam pada kulit wajah, manfaat madu untuk wajah ini diantaranya untuk meminimalisir flek hitam pada kulit wajah, flek hitam sendiri biasanya muncul baik pada wanita maupun laki-laki namun lebih dominan terjadi pada wanita.

Flek hitam muncul seiringnya usia, semakin dewasa kolagen pada kulit wajah menumpuk dan menjadi flek, bisa juga diakibatkan stress, bisa juga diakibatkan makanan yang dikonsumsi.

2. Mengencangkan kulit wajah

Madu Pahit dimaskerkan untuk mengencangkan kulit wajah. Biasanya usia lebih lanjut akan menjadikan kulit pada wajah kendur dan terlihatlah kerutan-kerutan pada wajah yang membuat tampak lebih tua dalam berpenampilan.

Untuk mengatasi hal ini madu pahit bisa digunakan sebagai masker wajah, biasanya dimaskerkan atau diratakan di wajah tipis-tipis dan diamkan selama 15-30 menit hingga lapisan madu mengering, lalu bilaslah dengan air hangat.

Saran untuk membilas, apabila pemaskeran dilakukan pada malam hari, maka air yang digunakan untuk membilas baiknya air hangat sehingga pori-pori kulit terakhir berada dalam kondisi terbuka untuk bernapas.

Sedangkan apabila menggunakan madu pahit dimaskerkan di pagi atau siang hari baiknya menggunakan air dingin biasa atau air es, sehingga pori-pori kulit terakhir dalam kondisi mengerut atau tertutup, penggunaan secara rutin akan mengurangi kerutan-kerutan di kulit wajah sehingga tampak lebih fresh dan lebih muda.

4. Mengusir jerawat

Madu Pahit untuk mengusir jerawat, Jerawat terkadang menganggu kepada seseorang dalam penampilan, walau tidak semua orang merasa terganggu dengan jerawat, tapi idealnya wajah kita harus terbebas dari namanya jerawat.

Apabila mendapati wajah berjerawat maka segera oleskan sedikit madu pahit ke permukaan kulit yang berjerawat tersebut, dan diamkan selama 30 menit hingga madu terasa meresap dan mematikan bakteri dan kuman pada jerawat.

Dilakukan secara rutin maka kulit wajah akan bersih dari jerawat. Dianjurkan selain untuk di oleskan madu diminum untuk membantu pembersihan dari dalam.

5. Membakar kalori dan melunturkan lemak

Madu Pahit diminum secara rutin akan membakar kalori dan melunturkan lemak, biasanya pada seseorang yang memiliki berat bada diatas ideal, dibawah permukaan kulitnya mengandung kelebihan lemak, sehingga nampak berlipat-lipat atau garis-garis yang sebenarnya adalah kandungan lemak dibawah kulit yang berlebihan. Apabila madu pahit dikonsumsi secara rutin maka akan berangsur-angsur menguranginya.

6. Penambah suplemen dan membantu program diet

Madu pahit mampu menjadi bahan penambah suplemen dan membantu program diet, minum madu pahit akan terasa mengenyangkan, bagi orang yang menginginkan turun berat badan biasanya madu pahit dikonsumsi secara rutin diwaktu jam makan, sehingga perut tidak terasa lapar dan mengurangi selera makan.

Walaupun melewati tanpa makan, tapi tubuh akan tetap segar dan berstamina. Bagi orang-orang yang memiliki perut buncit ini sangatlah cocok mengkonsumsi madu pahit untuk membantu program dietnya.

Kandungan Gizi:

Kandungan gizi Madu Hitam

  • Vitamin A
  •  Vitamin B1
  • Vitamin B2
  • Vitamin B3
  • Vitamin B5
  • Vitamin B6
  • Vitamin C
  • KALSIUM
  • KALIUM
  • ZAT BESI
  • ALANINE

Aturan Pakai:

Untuk Menjaga Kesehatan:
1 sendok makan 3 x sehari

Untuk Pengobatan:
2 – 3 sendok makan 3x sehari

Anjuran:

Ajuran minum madu raja yang benar agar memperoleh hasil yang maksimal:

  • Madu hitam sebaiknya diminum secara langsung (tanpa campuran apapun)
  • Setelah minum madu hitam sebaiknya jangan minum air putih agar mudah diserap  oleh tubuh dan madu raja cepat bereaksi (jika haus sebaiknya minum air putih sebelum minum madu raja)
  • Madu hitam cocok diminum kapan saja, tapi dianjurkan diminum sebelum makan pagi, sebelum makan siang dan sebelum tidur
  • Minumlah madu hitam secara rutin untuk menjaga kesehatan agar tetap bugar dan fit
  • Tetaplah berusaha dan berdoa dan jangan berputus asa

Bacalah doa yang diajarkan oleh Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam sambil mengusap dengan tangan kanannya pada tubuh yang sakit :

اللَّهُمَّ رَبَّ النَّاسِ أَذْهِبِ الْبَأْسَ وَاشْفِه وأَنْتَ الشَّافِي لاَ شِفَآءَ إِلاَّ شِفَاؤُكَ شِفَاءً لاَ يُغَادِرُ سَقَمًا

“ Ya Allah, Rabb manusia, hilangkanlah kesusahan dan berilah dia kesembuhan, Engkau Zat Yang Maha Menyembuhkan. Tidak ada kesembuhan kecuali kesembuhan dari-Mu, kesembuhan yang tidak meninggalkan penyakit lain” (HR Bukhari 535 dan Muslim 2191).

atau doa:

اللَّهُمَّ رَبَّ النَّاسِ, مذْهِبِ الْبَأْس, اشْفِ أَنْتَ الشَّافِي لاَ شِفَآءَ إِلاَّ شِفَاؤُكَ شِفَاءً لاَ يُغَادِرُ سَقَمًا

“ Ya Allah, Rabb manusia Yang Menghilangkan kesusahan, berilah kesembuhan, Engkaulah Zat Yang Maha Menyembuhkan. Tidak ada yang mampu menyembuhkan kecuali Engkau, kesembuhan yang tidak meninggalkan penyakit lain” (HR Bukhari 541).

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *