Bolehkah Orang Kidal Makan Dengan Tangan Kiri?

Di antara adab yang diajarkan Islam adalah ketika kita hendak makan atau minum. Manusia, khususnya seorang muslim diwajibkan makan dengan menggunakan tangan kanan. Islam juga melarang makan atau minum dengan tangan kiri.

Namun seperti kita sering lihat sekarang, orang muslim banyak yang mempunyai kebiasaan buruk dalam hal makan dan minum. Di antara mereka ada yang melakukannya dengan berdiri dan menggunakan tangan kiri.

Ketahuilah Nabi Shallallahu’alaihi Wasallam biasa menggunakan tangan kanan untuk sebagian besar urusannya yang baik-baik. Sebagaimana hadits ‘Aisyah radhiallahu’anha:

أَنَّ النَّبِيَّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ كَانَ يُعْجِبُهُ التَّيَمُّنُ فِي تَنَعُّلِهِ وَتَرَجُّلِهِ وَطُهُورِهِ فِي شَأْنِهِ كُلِّهِ

Nabi Shallallahu’alaihi Wasallam membiasakan diri mendahulukan yang kanan dalam memakai sandal, menyisir, bersuci dan dalam setiap urusannya,” (HR. Bukhari 168).

Lalu bagaimana jika orang yang kidal? Apakah ada pengecualian baginya sehingga diperbolehkan makan dengan tangan kiri?

Dikutip dari Konsultasi Syariah, Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam sangat marah, ketika ada orang yang makan dengan menggunakan tangan kiri; sebagaimana disebutkan dalam hadis Salamah bin Akwa’, Suatu ketika Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam melihat orang yang makan dengan tangan kiri. Beliau langsung mengingatkan,

كل بيمينك

Makanlah dengan tangan kananmu.”

Orang itu menjawab, “Aku tidak bisa.”

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *