Tips Mencari Makanan Halal di Luar Negeri

Jalan-jalan pada saat liburan merupakan salah satu kebiasaan masyarakat Indonesia. Mulai dari ke mall, obyek wisata, wisata domestik, hingga ke luar negeri. Jalan-jalan ke luar negeri menarik karena selain tempat wisata yang unik dan tidak bisa ditemukan di nusantara, makanan khas negara yang akan dikunjungi juga menggoda untuk dicicipi.

Namun, banyak pelancong asal Indonesia ragu-ragu ataupun takut mencoba berbagai olahan kuliner di negara orang karena khawatir dengan status kehalalannya. Oleh karena itu, para pelancong perlu paham istilah-istilah penggunaan daging babi dan juga mengecek label haram pada kemasan makanan / depan restaurant.

Misalnya saja, lard yang berarti lemak babi, pork, atau bahasa inggris dari babi, bacon (bila tidak ada keterangan beef, kemungkinan besar berasal dari daging babi) dan knuckle (kaki babi).

Selain itu, para pelancong bisa mencari di internet dengan kata kunci halal (spasi)nama kota, misalnya halal resto tokyo. Bisa juga menanyakan informasi resto / makanan halal ke kedutaan besar / perkumpulan pelajar Indonesia.

Saat ini banyak juga Islamic center yang menjadi wadah bagi komunitas muslim di sebuah negara, dan disana tentu terdapat informasi mengenai restoran / kedai yang menjual makanan halal.

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *